Cara Mencegah Rambut Rontok yang Diakibatkan banyak Faktor dan Perawatannya

UrlSpot.Info – Cara Mencegah Rambut Rontok yang Diakibatkan banyak Faktor dan Perawatannya, Cara Mencegah Rambut Rontok yang Diakibatkan banyak Faktor dan Perawatannya

Cara Mencegah Rambut Rontok yang Diakibatkan banyak Faktor dan Perawatannya

Kali ini saya akan mengulas tentang rambut rontok. Rambut rontok bisa disebabkan oleh banyak faktor, baik itu faktor internal maupun faktor eksternal. Kerontokan pada rambut sebagian besar dialami oleh pria termasuk saya, haha. Meskipun sebenarnya banyak juga wanita yang mengalami kerontokan pada rambut. Pada wanita biasanya banyak kerontokan rambut banyak disebabkan oleh faktor eksternal, misalnya kerontokan disebabkan karena rambut sering dicatok, atau rambut sering dicat, atau bisa karena terlalu banyak dilakukan hairstylish. Itu hanya sebagian kecil contoh penyebab kerontokan rambut. Sebelum kita mengungkapkan bagaimana cara pengobatan rambut rontok, alangkah baiknya kita mengetahui penyebab kerontokan rambut itu secara mendalam.
Penyebab kerontokan rambut:
Telogen Effluvium, sebagian besar dari kita mungkin belum tahu apa itu telogen effluvium. Telogen effluvium adalah sebuah gangguan kesehatan alopeisa, alopesia sendiri adalah suatu kondisi medis yang tanda-tandanya adalah rontoknya rambut dari kulit kepala. Alopesia tidak disebabkan oleh makanan, peredaran darah yang kurang baik atau ketombe, tetapi alopesia disebabkan oleh autoimun (system kekebalan tubuh yang melawan dirinya sendiri), dan atuoimun ini sendiri karena adanya faktor keturunan. Rambut pada kulit kepala kita biasanya tumbuh selama tiga tahun sebelum memasuki suatu fase istirahat yang dinamakan telogen. Dalam fase tersebut akar lama kelamaan akan mengalami pengerutan dan rambut akan lepas dari kulit. Pada kondisi telogen Effluvium, rambut terlalu cepat  memasuki fase istirahat (telogen). Akan tetapi kondisi ini dapat dihindari dengan tidak menyikat rambut secara kasar.
Penyakit Kelenjar Tiroid,bisa disebut juga dengan hiperteroid, hiperteroid sendiri adalah suatu kondisi pada kelenjar tiroid  melepaskan hormon-hormon yang berlebihan. Lantas apa hubungan hiperteroid dengan kerontokan rambut atau kebotakan ? ada, ketika seseorang mengalami hiperteroid, seseorang tersebut akan mengalami gangguan tidur. Gangguan tidur tersebut menyebabkan pertumbuhan sel-sel tubuh akan terganggu termasuk pertumbuhan folikel rambut. Hiperteroid juga melemahkan otot yang berpengaruh pada tidak lancarnya peredaran darah, sehingga asupan oksigen pada folikel rambut juga berkurang.
Defisiensi Zat Besi, biasa juga disebut dengan kekurangan zat besi. Tubuh kita memerlukan zat besi, begitu juga dengan rambut kita. Hubungan zat besi dan kerontokan rambut adalah, zat besi adalah zat yang diperlukan untuk memproduksi sel darah merah. Sel darah inilah yang mengangkut oksigen ke rambut dan folikel rambut kita. Semakin banyak oksigen yang mengalir ke rambut kita maka kerontokan atau kebotakan akan berkurang. Makanlah sayuran yang banyak mengandung zat besi seperti bayam, jangan lupa minum susu segara juga.
Obat-obatan, banyak sekali obat-obatan yang menyebabkan kerontokan, salah satunya adalah obat yang digaunakan untuk kemoterapi. Obat-obatan tersebut dapat menyebabkan kerontokan pada rambut hingga 90%. Selain obat kemoterapi, obat pil KB juga dapat menyebabkan kerontokan, Pil KB yang mengandung kadar progestin yang tinggi juga dapat menyebabkan kerontokan.
Penyakit Lupus Eritematosus Sistemik, sering juga disebut dengan penyakit Lupus. Penyakit lupus adalah penyakit yang berhubungan dengan system kekebalan tubuh. Pada seseorang yang mengidap penyakit Lupus. Ssstem kekebalan tubuhnya tidak berjalan dengan normal. System kekebalan tubuhnya menyerang tubuhnya sendiri atau autoimun. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa autoimun ini juga menyerang folikel rambut sehingga menyebabkan kerontokan rambut atau kebotakan.
Penyakit Sifilis Sekunder, sifilis disebabkan oleh bakteri spiral yang menyebar melalui kontak langsung dengan orang yang memiliki luka yang disebabkan oleh sifilis. Pada tahap sekunder, sifilis menimbulkan tanda ruam kulit dan lesi yang terdapat pada selaput lender. Ruam ini bisa membuat jalan ke kulit kepala yang dapat membentuk radang pada folikel rambut. Ruam inilah yang bertanggung jawab atas rontoknya rambut atau penyebab kebotakan itu sendiri.
Itu beberapa penyebab dari kerontokan rambut dan kebotakan. Lantas, bagaimana cara merawat rambut agar selalu sehat dan tidak rontok ? berikut tipsnya :
Nutrisi Tubuh, penuhilah selalu nutrisi yang ada dalam tubuh anda dengan selalu makan-makanan yang bergizi terutama makanan yang banyak mengandung zat besi, protein, dan mineral. Zat-zat ini sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan rambut. Contoh makan yang banyak mengandung zat besi dan protein adalah, telur, kedelai, ikan, kacang-kacangan, sayuran, yogurt, susu, dan lain sebagainya.
Kondisioner, jagalah kesehatan rambut anda dari luar, dengan mengoleskan kondisioner pada rambut secara merata. Disarankan memakai kondisioner yang mengandung ginseng agar rambut tetap sehat dan tidak mudah patah.
Sisir, gunakanlah sisir yang bergigi jarang pada rambut kepala anda. Penggunaan sisir yang bergigi jarang ini diharapkan tidak memberikan tekanan yang berlebih saat menyisir rambut sehingga akar rambut dan folikel rambut bisa terjaga kesehatannya.
Penggunaan Sampo, gunakanlah sampo herbal dan sampo lainnya yang benar-benar memiliki kualitas dalam menjaga kesehatan rambut.
Hindari mencuci rambut dengan air panas, mencuci rambut dengan air panas sangat tidak dianjurkan karena dapat merusak folikel rambut anda. Jadi waktu anda berendam dengan air panas, usahakan menutup rambut anda dengan penutup rambut.
Hairdryer, penggunaan hairdryer untuk mengeringkan rambut sangat tidak dianjurkan. Bahkan jika anda ingin menggunakan handunk untuk mengeringkan rambut anda. Ini dikarenakan hawa panas pada hairdryer yang dapat merusak rambut. Lalu bagaimana dengan penggunaan handuk pada rambut ? handuk juga tidak perlu karena akan mengoyak rambut anda dan merusak akar rambut. Sebaiknya pengeringan rambut dilakukan dengan dianginkan saja. Jika anda tidak punya waktu untuk itu anda bisa menggunakan handuk tapi dengan mengelap rambut dengan satu arah saja, missal kea rah depan saja atau arah belakang saja.
Gunakan hair tonic, gunakanlah hair tonic untuk merangsang pertumbuhan rambut baru. Sangat disarankan menggunakan hair tonic atau serum yang mengandung ginseng.
Hindari kafein, zat kafeinyang sering terdapat pada minuman tidak baik untuk kesehatan rambut anda. Karena bisa menghambat pertumbuhan pada rambut.
Hindari atau kurangi pemakaian gel rambut, sebaiknya kurangi pemakaian gel rambut spray rambut, pewarna rambut karena dapat merusak rambut anda. Gunakanlah gel rambut yang terbuat dari bahan alami.
Masker rambut, masker rambut sangat baik bagi rambut anda karena bisa untuk perawatan rambut dan menambah nutrisi pada rambut. Gunakanlah masker rambut maksimal 3 kali semunggu.

Dokter, jika kerontokan rambut anda terus berlanjut, periksakanlah rambut anda ke dokter dermatologi agar rambut anda mendapatkan penanganan yang terbaik.

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Cara Mencegah Rambut Rontok yang Diakibatkan banyak Faktor dan Perawatannya, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Cara Mencegah Rambut Rontok yang Diakibatkan banyak Faktor dan Perawatannya berguna untuk anda.

Leave a reply "Cara Mencegah Rambut Rontok yang Diakibatkan banyak Faktor dan Perawatannya"