Tips Mencegah Keluhan Nyeri Otot Saat Berkendara

14 views

UrlSpot.Info – Tips Mencegah Keluhan Nyeri Otot Saat Berkendara, Tips Mencegah Keluhan Nyeri Otot Saat Berkendara

Tips Mencegah Keluhan Nyeri Otot Saat Berkendara

Sumber: autobild.co.id
Sumber: play.google.com

Tips yang bisa pengendara lakukan untuk mencegah atau mengurangi keluhan nyeri otot, yaitu:

  • Beristirahat cukup, tidur enam sampai delapan jam per hari, setidaknya tiga hari sebelum saat Leharan tiba, sedikit-banyak bisa membantu memulihkan kondisi tubuh.
  • Konsumsi makanan yang cukup gizi, baik kalori protein maupun mineral-vitamin.Sebaiknya makan buah-buahan segar seperti jeruk, tomat segar, atau pisang, terutama selama periode bepergian jauh. Buah-buahan ini bermanfaat untuk mencukupi. Kebutuhan vitamin dan elektrolit yang berguna untuk kesehatan otot. Periksa postur Anda. Pastikan punggung Anda sejajar terhadap belakang kursi Anda dalam posisi duduk dan sandaran kepala Anda mendukung tengah kepala Anda. Jaga bahu lurus dan menghindari membungkukkan ke depan. Pastikan kedua kaki tegas beristirahat di lantai atau sandaran kaki. Jika Anda mengemudi, menyesuaikan kursi dan kemudi ke posisi yang nyaman untuk menghindari meraih roda. Bawalah bantalan atau penyangga tulang belakang sendiri. Bisa dengan selimut atau sweater untuk mnenyangga leher dan punggung, karena sering kali kursi di kendaraan umum tidak ergonomis.
  • Bergerak sesering mungkin. Tulang belakang dirancang untuk bergerak. Bangun dan lakukan peregangan setiap 20 sampai 30 menit untuk mengubah pusat beban tubuh Anda.
    Dengan bergerak akan merangsang aliran darah, dan darah membawa nutrisi penting dan oksigen ke struktur belakang sehingga mencegah kaku nyeri otot. Bergerak jugamembantu mencegah penggumpalan darah di kaki (disebut deep vein thrombosis), yang merupakan salah satu risiko yang paling berbahaya dari duduk diam untuk waktu yang lama. 
  • Lakukan peregangan atau senam ringan pada otot leher, bahu, lengan punggung, dan kaki.
  • Usahakan berhenti setelah dua jam perjalanan, lalu berjalan berkeliling dan senam peregangan. Bila mengalami serangan nyeri otot, sebaiknya segera beristirahat, jangan terlalu memaksakan diri. Meredakan rasa nyeri ini juga bisa dilakukan dengan memberikan kompres dingir, ['dda area tubuh yang nyeri, bisa dilakukan selama limi iampai menit untukmengurangi nyeri.
Jika sudah sampai di tujuan, hendaklah berbaring di lantai atau kasur, lalu tangan diangkat ke atas kepala, dan kaki dijulurkan. Lakukan ha1 itu 5-1 0 menit. Aktivitas ini akan membuattubuh rileks setelah berjam-jam hanya dudukdan banyak sendi terlipat sehingga peredaran darah tidak lancar.
Setelah berbaring, mandilah atau berendam dengan air hangat agar peredaran darah semakin lancar, otot rileks dan tubuh menjadi segar. Jika diperlukan, gunakan obat topikal (obat yang penggunaannya di lokasi yang nyeri (lokal), seperti koyo dan obat usap (krirn atau salep). Bila obat ini belum membantu, barulah obat-obatan penghilang nyeri (analgesik) yang diminum menjadi pi!ihan, seperti yang mengandung porasetomol. Jika dalam tiga hari pengobatan sejak penggunaan obat topikal rasa nyeri otot tak kunjung reda, penderita harus berobat ke dokter. Karena bisa jadi myalgia itu bukan myalgio biasa, melainkan karena cedera atau hal-ha1 lain, sehingga diperlukan diagnosis lebih lanjut untuk mencari penyebab dan pengobatan oleh dokter. Noh, dengan serangkaian upaya tersebut di atas, semoga perjalanan mudik Anda lebih sehat dan menyenangkan. Selamat berkendara “Smoga Selamat Sampai tujuan”. Silakan baca tips menjaga gizi seimbang

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Tips Mencegah Keluhan Nyeri Otot Saat Berkendara, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Tips Mencegah Keluhan Nyeri Otot Saat Berkendara berguna untuk anda.

Leave a reply "Tips Mencegah Keluhan Nyeri Otot Saat Berkendara"